Tuesday, January 19, 2016

Mencari Referensi Ilmiah (Bagian 1)

Tidak jarang mahasiswa kesulitan mencari buku untuk referensi kuliah, penelitian maupun karya tulis. Jika buku acuan yang dimaksud tidak terdapat di perpustakaan masih banyak sumber lain yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya melalui internet.

1. Modul Kuliah 


Selain materi kuliah yang bisa didapatkan dari dosen masing-masing, kita juga bisa mendapatkan modul-modul kuliah dari internet sebagai pelengkap referensi. Dari modul-modul kuliah yang tersebar di internet ada yang penjelasannya mudah dipahami dan ada pula yang kurang. Biasanya hal ini bisa dimanfaatkan mahasiswa dikala mendapat tugas dari dosen. 

Mencari modul kuliah melalui Google 

Sebagai contoh jika kita ingin mendapatkan literature atau referensi untuk mata kuliah Pemrograman Jaringan. Gunakan kata kunci “Modul Pemrograman Jaringan” maka akan tertera banyak link yang mengarah ke modul-modul dalam format file PDF atau DOC yang dapat kita unduh. Pastikan kita mengunduh file dari web suatu institusi pendidikan akademik, yaitu web yang alamatnya berakhiran dengan “ac.id” karena biasanya literature atau modul tersebut ditulis oleh dosen pengampu matakuliah di institusi pendidikan akademik tersebut.

 

bersambung .. 
Share this article

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Perpustakaan STMIK Sinus • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top